Selasa, 08 November 2011

Beberapa Hal dalam Kimia Unsur: Mengapa magnesium memiliki titik leleh yang paling rendah diantara unsur lain dalam golongan II?

Perhatikan gambar berikut:

 Dari grafik di atas tampak bahwa titik leleh magnesium lebih rendah daripada unsur-unsur lain dalam golongan II.
Unsur-unsur golongan II merupakan merupakan unsur valensi 2, yang memiliki dua elektron sebagai kounter electron. Satu mol kation diharapkan dapat berhubungan/berikatan dengan dua mol anion.
Titik leleh magnesium yang rendah  disebabkan  karena magnesium memiliki konduktivitas yang lebih rendah daripada unsur  lain. Selain itu energi ionisasinya yang lebih tinggi membatasi delokalisasi elektron hingga kurang dari 2 elektron per mol atom (padahal seharusnya delokalisasi itu dilakukan dengan dua elektron). Hal ini juga menjelaskan karena delokalisasinya kurang dari dua elektron maka energi kisinya juga rendah. Padahal energi kisi itu sendiri merupakan energi yang menunjukkan kekuatan ikatan pada senyawa ionik. Jika kekuatan ikatannya rendah, maka ketika ia mendapatkan pengaruh suhu yang tinggi, maka ikatan antar kolekulnya juga lebih mudah terputus. Akibatnya ia mudah meleleh pada suhu yang tidak terlalu tinggi karena ikatannya yang lemah itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar